Satu Dekade HTMLMalang

Waktu berjalan cepat. Tak terasa HTMLMalang kini genap berusia sepuluh tahun. Dalam rentang waktu selama itu tentu banyak hal terjadi, suka maupun duka datang silih berganti. Banyak kegiatan kita jalani bersama, baik kopdar, touring, bakti sosial, berkunjung menjalin tali silahturahmi ke sesama pecinta otomotif roda dua dan lain sebagainya.

Untuk memperingati satu dekade, HTMLMalang menggelar acara syukuran hari Sabtu (18/4) kemarin. Seperti apa acaranya?

Sebetulnya HTMLMalang berulang tahun tanggal 15 April. Tapi berhubung tanggal segitu jatuh hari Rabu (hari efektif kerja), maka acara diundur dan baru diadakan hari Sabtu (18/4) malam.

Namanya juga orang Indonesia, kurang afdol rasanya kalau gak ngaret. Walhasil yang tadinya janjian kumpul kopdar di depan kampus Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang di jalan Bandung no 1, Malang, jam 19.30 Wib jadi molor sampai jam 21.00, baru pada ngumpul. Tapi ya sudahlah tak mengapa.

Setelah semua ‘personel’ lengkap, rombongan menuju kediaman Pak Ari Murtono yang letaknya tak begitu jauh dari lokasi kopdar. (Baca juga: Aktivitas Pak Ari Bikin Anak Muda Minder)

Sesampainya di sana, Pak Ari menyambut ramah kedatangan rombongan dan mempersilahkan masuk ke ruang tamu. Ruangan itu ternyata sudah dipersiapkan Bu Ari sebelumnya jadi tinggal duduk saja. Di atas tikar yang digelar sedemikian rupa tersaji hidangan nasi tumpeng kuning yang entah kenapa porsi lauknya lebih banyak ketimbang nasinya. Tidak hanya itu, juga ada es cincau sebaskom, makanan ringan dan lain sebagainya.

Konsep acaranya sendiri memang dibuat santai dan sederhana. Tidak perlu bermewah-mewah, yang penting suasana keakrabannya. (Baca juga: Puncak Acara KopdarGab)

Satu Dekade HTMLMalang

Acara resmi dibuka oleh Faris, Korwil Malang, menyampaikan beberapa hal lalu dilanjutkan dengan obrolan ringan seputar HTML khususnya Malang. Pak Ari dan Bu Ari sebagai member ‘fosil’ lalu menceritakan kisah awal gabung bersama HTML, pengalaman menarik selama mengikuti kegiatan touring, cara berkendara yang baik dan benar menurut filosofi HTML dan lain sebagainya. Seluruh member yang kebanyakan berusia muda itu tampak mendengarkan dengan seksama dan sepenuh hati layaknya murid mendengarkan materi pelajaran dari gurunya.

Penyerahan Pucuk Nasi Tumpeng Secara Simbolis
Penyerahan Pucuk Nasi Tumpeng Secara Simbolis

Acara ‘dongeng-mendongeng’ terpaksa break sejenak karena perut mulai terasa lapar. Bro Faris dipersilahkan memotong pucuk nasi tumpeng. Ia lantas memberikan potongan itu ke Pak Ari Murtono sebagai bentuk penghormatan kepada member ‘sesepuh’. Setelah prosesi sakral itu selesai, barulah member lain mengambil hidangan yang telah tersaji.

Satu Dekade HTMLMalang
Sikaaaaattt … !!

Sungguh aneh. Kali itu banyak dari mereka yang mengambil nasi dan lauk hanya sekedarnya. Seperti malu-malu kucing, entah karena sungkan atau bagaimana. Padahal biasanya porsi makan mereka sebanding dengan porsi kuli bangunan. Faris yang tidak betah melihat tingkah laku teman-temannya itu langsung mengambil sendok nasi, menyendok sebongkah besar nasi kuning dan ‘menumpahkannya’ ke atas piring Dhani. Dhani hanya melongo pasrah melihat porsinya bertambah. Seketika itu juga orang yang duduk di sekitar Faris pergi menjauh. Gelak tawa renyah pun membahana ke seluruh ruangan.

Satu Dekade HTMLMalang

Seusai makan malam, acara ‘dongeng-mendongeng’ yang tadinya sempat tertunda kembali dilanjutkan hingga akhirnya acara berakhir sekitar pk 24.00 Wib.

Artikel Ini Buktinya

Tepat tanggal 15 April kemarin, banyak member Malang menulis status di bbm mereka, “Selamat Satu Dekade HTMLMalang”. Saya bingung sekaligus terkejut, info dari mana nih? Kok mereka bisa keluarkan pernyataan seperti itu?

Kekagetan saya bukan tanpa alasan, karena selama saya bergabung dengan HTML Jatim belum pernah sekalipun saya diberi tahu kapan tanggal pasti terbentuknya suatu wilayah.

Saya lantas konfirmasi ke Bro Faris selaku Korwil periode sekarang. Ia hanya bisa membenarkan tapi tak bisa menjelaskan lebih rinci. Begitu pula dengan Pak Ari Murtono, sesepuh HTMLMalang. Kedunya hanya membalas pertanyaan saya dengan singkat sekaligus ngambang, “Iya hari ini ulang tahun. Serius.”

Tak puas dengan jawaban itu, saya akhirnya berinisiatif mencari jawabannya sendiri tanpa tahu harus mulai dari mana. Beberapa saat kemudian, saya teringat akan blog HTMLMalang. Siapa tahu di sana saya bisa temukan jawabannya dan ternyata benar. Setelah halaman blog saya scroll ke bawah hingga mentok, muncullah artikel perdana. Artikel itu ditulis oleh Bro Heri Yuono di mana isinya menjawab semua pertanyaan saya selama ini. Ingin tahu seperti apa ‘wajah’ HTMLMalang sepuluh tahun silam?

Artikel itu ditulis tanggal 28 Maret 2006.

Artikel Perdana Blog HTMLMalang
Artikel Perdana Blog HTMLMalang

Kopdar Perdana HTMLMalang – 15 April 2005, Waktu Itu …

HTMLMalang Kopdar Perdana (2)

Hari itu, 15 April 2005. Bro Basuki ngajak janjian saya untuk ketemuan. Pikirnya sekali-sekali ketemuan teman-teman HTML di Malang. Di milis, saya ketemu dengan Bro Tommy, Malang juga, langsung saya ajakin untuk gabung. Jadilah hari itu kita ketemu di depan kantor pos alun-alun.

HTMLMalang Kopdar Perdana (1)

Bro Basuki datang paling dulu. Saya kemudian, dan tak beberapa lama Bro Tommy ikut gabung. Jadilah kita ngobrol-ngobrol seputar HTML. Akhirnya disepakati untuk bikin kopdar untuk Malang. Sayang, Bro Basuki domisilinya di Sidoarjo, sehingga jarang ikut nongol ketika kopdar. Jadilah Kopdar Malang dilaksanakan tiap Jumat malam di depan Kantor Pos alun-alun.

Dengan semangat, saya search di forum, orang-orang yang berasal dari Malang. akhirnya muncul nama Bro Sapto yang ternyata namanya sudah ngendon di membernya honda-tiger.or.id sebelum saya dan Bro Tommy menjadi member. Dapatlah satu saudara lagi. Jadilah kopdar HTML Malang terbentuk.

Kata Mereka Tentang Satu Dekade HTMLMalang

“HTML Malang, bisa dibilang kopyah HTML Indonesia terbesar di wilayah Timur, kantung kekuatan HTML yang potensial, baik disisi wilayah maupun membernya. Kebesaran dan kekuatan tersebut membuat HTML berkembang dan kopyah-kopyah lain terbentuk disekitarnya, seperti Pasuruan, Pandaan, Kediri, dan lain lain.

Secara personal, kopyah HTML Malang terdapat kedekatan tersendiri bagi saya, dan saya yakin buat para member HTML lain di Indonesia.

Selamat Ulang Tahun ke-10 buat HTML kopyah Malang. Semoga tetap kompak dan semakin rukun baik secara internal maupun external.

Sukses selalu buat HTML Malang” -Dinar Ariefianto, Founder HTML Indonesia NRA#001-

“Happy Anniversary 10th HTML Malang! Satu dekade bukan waktu yang pendek untuk eksistensi sebuah organisasi, namun juga bukan waktu yang cukup untuk membuktikan komitmen dan sumbangsih terhadap dunia bikers Indonesia. Semoga makin berjaya dan makin solid, terus berkarya, respect dan keep safety on the road!” -Jojo Suharjo Nugroho, HTML#002-

“Hmm, satu dekade ya? Gak inget aku wisan hehe… Buat HTMLMalang selamat ulang tahun ke-10. Semoga tetap terdepan dalam menjaga persaudaraan, terdepan dalam safety riding, tetap menjadi teladan dan contoh dalam etika berkendara bagi pengguna jalan lain, tetap kompak & sukses… Bravo” -Heri Yuono, Founder HTMLMalang NRA#535-

“Salut buat HTML Malang yang sampai sekarang masih eksis. sedikit informasi awal mula HTML Malang adalah pertemuan Saya dengan Bro Heri Yuono di Mall Sri Ratu Kediri. dari situ mulai lah terlahir HTML Malang.” – Dhani Amannatur, Founder HTMLSurabaya NRA#284

“Wah, jelas selamat buat HTMLMalang. Terutama yang sudah menemani satu dekade HTML seperti Pak Ari dan lain-lain. Walaupun personil datang dan pergi silih berganti, jarak dan waktu memisahkan, motor yang sudah berbeda, kita tetap masih punya jiwa HTMLMalang. Salam Brotherhood has no limit.

Harapannya HTMLMalang jangan sampai ada kekosongan. Terus adakan kopdar rutin mingguan. Family Gathering regional Jatim pada umumnya. Terus silahturahmi sama komunitas otomotif tetangga. Juga generasi muda HTML bisa terus menjaga rumah yang sudah berumur sepuluh tahun ini. Kalau bukan kita, siapa lagi.

Jangan lupa, brotherhood sama tidak cukup. Safety riding juga penting. Utamakan safety riding. Kalau berkendara aman, pengendara lain merasa nyaman.” -Sapto Riptanto, HTML#612-

“Semoga awet aja deh.. Hehehehe dan bener-bener memahami brotherhood has no limits.” -Ganda Kusumah Dendy, Wartawan Senior Bola.net-

“Selamat satu dekade HTML Malang. Semoga makin jaya dan kompak selalu. Salute sama Pak Bro Ari dan Bu Ari yang senantisa menjadi motor kekompakan di sana. Bravo!!!” -Rahmat Derryawan Jbkultural, HTML#1058, Content Support & Business Development dari Mobilinanews.com

“Wah udah sepuluh tahun ya. Semoga HTML Malang makin kompak dan jadi pemersatu buat biker di Malang, Jatim dan seluruh Indonesia.” -Arwinsyah Tasik, HTML#789-

Kontributor: Faris & Bu Ari Murtono

10 respons untuk ‘Satu Dekade HTMLMalang

  1. Yulian Fajar 22/04/2015 / 00:12

    selamat ulang tahun HTML Malang…dariku yang datang dan pergi tak tentu.Bravo HTML Indonesia #HTML1070

    • htmljatim 22/04/2015 / 11:17

      Hallo Bro Yulian Fajar,
      Terima kasih atas ucapannya.
      Salam bikers! Brotherhood Has No Limits

  2. Heri Yuono 21/04/2015 / 21:18

    Salut & selamat buat teman-teman HTML Malang…. yg tua tinggal menyimpan kenangannya sajah…. hehehe…. terima kasih buat penulisnya sudah membangkitkan rasa kangen ngaspal…….

    • htmljatim 22/04/2015 / 11:18

      Hallo Mas Heri Yuono,
      Perasaan itu timbul karena di dalam jiwa Mas Heri masih ada ‘bikers soul’. Kapan kita ngaspal bareng lagi?

  3. yudhie_monel 21/04/2015 / 18:40

    Keren banget artikelnya.. Meski banyak G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ bosen ngebacanya.. “̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ “̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ Selamat Ulang Tahun HTMLMalang semoga semakin Solid dan Kompak.. Smg jg bisa merekrut lebih banyak member.. أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينْ dan tetap Broterhood Has No Limit… ^_^

    • htmljatim 21/04/2015 / 19:29

      Terima kasih banyak, Mas Yudhie … Salam HTML Indonesia ^_^

  4. Riptanto 21/04/2015 / 17:55

    Wah.. jos tenan..
    dirgahayu ke 10 buat HTML Malang..
    Jayalah selalu di darat laut dan udara..
    Hahahahha..
    Buat Darwin, joss.. keep writing ya.. klo perlu bisa dijadikan buku nantinya.. hahahaha..
    Salam bikers,
    Sapto Riptanto

    • htmljatim 21/04/2015 / 18:10

      Hallo Mas Sapto …
      Wah ide menarik tuh, Mas. Bisa dijadikan buku sejarah perjalanan HTML Jatim sepanjang masa. Kapan yah bisa terwujud ?? (berangan-angan)

  5. amannatur 21/04/2015 / 17:35

    Salut buat HTML Malang yang sampai sekarang masih eksis. sedikit informasi awal mula HTML Malang adalah pertemuan Saya dengan Bro Heri Yuono di Mall Sri Ratu Kediri. dari situ mulai lah terlahir HTML Malang.
    Bang Admin, create untuk HTML Surabaya donk…..

    • htmljatim 21/04/2015 / 17:37

      Hallo Mas Dhani … Terima kasih sudah berkomentar. Usulan yang menarik, Mas. Nanti kita koordinasikan dengan HTML Surabaya 🙂

Tinggalkan komentar