Aktivitasnya Bikin Anak Muda Minder

Bikers satu ini bisa membuat seseorang merasa minder ketika berada di dekatnya. Hal itu bukan tanpa sebab. Di usianya yang kini tak lagi muda ia memiliki segudang aktivitas yang porsinya sendiri bisa dikatakan melebihi ‘jam terbang’ anak muda kebanyakan.

Tiap hari ia selalu tampak bergairah penuh semangat. Tak pernah kelihatan lelah apalagi mengeluh sakit. Padahal ia kerap bangun amat pagi dan baru beristirahat pada pk.24.00 Wib.

Pembawaannya yang easy going membuat pemilik motor Honda Tiger warna merah ini disegani sekaligus disukai banyak orang khususnya anak muda. Siapakah dia? Seperti apa kegiatan sehari-harinya?

Ari Murtono HTMLMalang

“Tiap hari harus lebih baik dari hari sebelumnya. ukurlah dirimu selalu, apakah ada peningkatan kualitas atau hasil” -Ari Murtono-

Ari Murtono, 55, mengawali harinya dengan beribadah. “Tiap hari bangun jam 04.45 Wib untuk salat subuh. Setelah salat, kegiatan selanjutnya olahraga,” ujarnya via bbm baru-baru ini.

Tunggangan Kesayangan (sumber: Facebook)
Tunggangan Kesayangan (sumber: Facebook)

Bicara soal olahraga, frekuensi latihan Ari Murtono termasuk ekstrim untuk ukuran zaman sekarang. Jika kebanyakan orang meluangkan waktu satu minggu sebanyak dua sampai tiga kali, tidak dengan bikers asal kota Malang ini. “Sehari dua kali olahraga. Bisa setelah salat, pagi, siang, sore atau malam. Pokoknya sehari dua kali. Durasi tiap latihan satu jam setengah kelenturan badan (yoga) di rumah dan satu jam setengah fitness di gym. Satu minggu bisa lima sampai enam hari olahraga” terang alumnus Intitut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro tahun 1998 ini.

Ari Murtono HTMLMalang
Latihan Jujitsu (sumber: Facebook)
Ari Murtono HTMLMalang
Pak Ari Beraksi. Ciiiaaattt!! (sumber: Facebook)

Selain yoga dan mengolah kekuatan otot, bapak yang dikaruniai dua orang anak ini juga aktif mengikuti seni ilmu beladiri Jujitsu di dojo, “Seminggu dua kali latihan. Kalau udah beladiri gak fitness. Ikut beladiri biar bisa melindungi diri sendiri, cari sehat, cari skill baru, menambah rasa percaya diri. Kalau cuman fitness, lari, yoga, dapatnya cuman bentuk badan dan stamina. Tidak bisa membela diri kalau terpaksa,” tuturnya.

Soal ilmu beladiri, Pak Ari berucap, “Dengan kasih berikan kekuatan. Dengan kekuatan bukan untuk menghancurkan. Tetapi kekuatan untuk memaafkan yang menyakiti kamu. Kekuatan untuk berdamai. Larilah kamu untuk menyelamatkan jiwamu, walau kamu bisa mengalahkan mereka,” ungkapnya.

Ari Murtono HTMLMalangSehari-hari ia berprofesi sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi Politeknik Negeri Malang. Ia punya pandangan dan caranya sendiri tentang cara mengajar. “Dosen itu harus semangat dan berjiwa muda. Kalau dosennya loyo dan badannya kurang tangguh, banyak anak didik meremehkan. Saya kalau ngajar seringnya ketawa, gaul, tapi tetap disiplin dan serius” tegas pria kelahiran 7 Maret 1960 ini.

Saat Latihan nge-Band
Saat Latihan nge-Band (sumber: Facebook)

Di luar aktivitas olahraga dan mengajar, masih ada satu kegiatan lain yang ia lakoni, yakni nge-band, “Jadwalnya satu minggu sekali. Saya jadi vocalist-nya meski suaranya gak bagus-bagus amat”

Meski aktivitasnya padat, Ari Murtono tak pernah lupa dan selalu menyediakan waktu khusus bagi keluarga yang telah menantinya di rumah. “Malam harinya saya momong anak,” tutup pemilik account facebook ari.murtono.9 ini.

Pelihara Ular

Bersama Ular Kesayangan (sumber: Facebook)
Bersama Ular Kesayangan (sumber: Facebook)

Bukan hanya jadwal olahraganya saja yang ekstrim, hewan peliharaannya pun ‘luar biasa’.

Ari Murtono punya dua ekor ular phyton di rumahnya. “Yang satu umurnya udah 1.5 tahun, yang satu masih enam bulan. Semuanya warna cokelat. Gak suka warna kuning” terangnya.

Bercengkrama Bersama Keluarga (sumber: Facebook)
Bercengkrama Bersama Keluarga (sumber: Facebook)

Ketika ditanya mengapa pilih ular bukan hewan umum lainnya saja, ia menjawab sederhana, “Ya seneng aja, sensasi”.

Dari segi biaya, menurutnya ular termasuk ekonomis, “ Makanannya tikus putih, harganya Rp 70 ribu. Sekali makan bisa tahan satu minggu”. Tidak hanya itu, ular juga tidak bau dan jarang buang air, kecuali stres atau tiba saatnya ganti kulit.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sebisa mungkin ular diajak jalan-jalan dan bersosialisasi, “Biar terbiasa dengan manusia,” tutupnya.

Kata Mereka Tentang Ari Murtono

“Pak Ari itu sosok yang legendaris dan punya semangat yang tinggi. Semangatna itu yang perlu dicontoh oleh generasi muda khususnya member HTMLJatim yang masih muda” -Nizar Hilmi-

“Pak Ari itu orangnya baik kalau urusan menjamu tamu (sesama bikers) cepat asal gak pas lagi sibuk. Suka nraktir juga. Tapi sama seperti orang Indonesia pada umumnya, termasuk aku, suka ngaret” -Endro Hadi Kusuma-

“Pak Ari itu biasanya orang yang perhatian dan dia baik dan suka merangkul di kala temen-temen di HTMLMalang lagi kesusahan. Intinya Pak Ari itu bisa merangkul semua kalangan” -Dana Warnusa-

5 respons untuk ‘Aktivitasnya Bikin Anak Muda Minder

  1. ari m 04/04/2015 / 22:27

    He he ternyata hasil tanya jawab selama ini untuk ditulis diblok. Untungnya bhs nya bagus dan komunikatif

  2. yudhie_monel 04/04/2015 / 22:15

    Pak Ari’ adalah sosok yang menginspirasi kita semua khususnya saya.. Sosok yg sabar dan bersahaja.. Keluarga bikers sejati.. “Ayo Pak Ari’ мкñ bebek songkem lagi” ┼┼ee┼┼ee.. ┼┼ee┼┼ee..

    • htmljatim 05/04/2015 / 19:22

      Bebek Songkem? Wah, kayaknya enak tuh. Posisi warungnya di mana Bro?

  3. Wahyudi 04/04/2015 / 21:59

    Pak Arie.. Sosok figur yang sangat menginspirasi kita semua khususnya saya… Ayo Pak мкñ bebek songkem lagi.. ː̗̀(̥̊:D)̥̊ː̖́┣┫ϱ┣┫ϱ┣┫ϱ┣┫ϱ┣┫ϱː̗̀(̥̊:D)̥̊ː̖́

Tinggalkan komentar