Awas, Banyak Akun Kloning di Facebook

Pernyataan Resmi Arif Suganda
Pernyataan Resmi Arif Suganda

Bagi kalian pengguna media jejaring sosial khususnya Facebook, patut berhati-hati. Pasalnya, belakangan ini sering terjadi kasus penipuan dengan modus menduplikat akun seseorang semirip mungkin mulai dari foto profil, info dan lainnya.

Sejauh ini, biasanya mereka minta ditransfer sejumlah uang dengan berbagai macam alasan. Entah itu mesin ATM rusak atau gangguan, belum sempat ke bank, dalam keadaan mendesak atau gawat dan lain sebagainya.
Akun Kloning Facebook
Beberapa contoh teman di Honda Tiger Mailing List (HTML) yang sudah terkena kloning adalah Stephen Langitan, Arif Suganda, Wahyu Bima Noveanto dan Andenko Utama.

Untungnya mereka yang dimintai transfer tidak langsung percaya dan langsung memberi tahu pemilik akun yang sebenarnya.

Akun Kloning Facebook
Ada beberapa cara untuk mengetahui akun tersebut asli atau tidak. Pertama, lihat jumlah pertemanannya. Jika jumlahnya masih sedikit dan baru dibuat, besar kemungkinan itu adalah akun palsu. Kedua, segera konfirmasi lewat telepon atau SMS, apakah memang benar dia minta dikirimi uang?. Ketiga, tanyakan informasi dasar seperti yang dilakukan Croop Red di bawah ini.

Akun Kloning Facebook
Sebelum media jejaring sosial populer seperti sekarang, modus penipuan semacam ini sudah lama terjadi. Tentu kita masih ingat dengan pesan singkat “mama minta pulsa” atau SMS sejenis.

Jika dikemudian hari kamu mendapatkan permintaan ‘aneh’ dari salah seorang teman di Facebook, jangan langsung percaya dan menurutinya. Cross check dulu kebenarannya.

Tinggalkan komentar